Rakornas Investasi Tahun 2023 Dibuka Oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, Pj Bupati Kampar : Bangkitkan Ekonomi Daerah, Kampar Siap dan Terbuka Untuk Investasi.

Jakarta - Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM menghadiri langsung Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2023, yang diselenggarakan di Refflesia Grand Ballroom, Balai Kartini Jakarta, Kamis(7/12/2023). Rakornas Investasi dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Joko Widodo dengan mengusung tema “Investasi Berkeadilan dan Berkelanjutan.” Selain itu juga dihadiri oleh Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan juga diikuti oleh Para Gubernur, Bupati/Walikota, Sekretaris Daerah Provinsi/ Kabupaten Se Indonesia. Dalam Rakornas itu, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM mengatakan bahwa Rakornas itu dilaksanakan dalam rangka koordinasi dan konsolidasi program atau kegiatan penanaman modal antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. “Dengan Rakornas ini, pemerintah mengingingkan adanya peningkatan perekonomian dan pemerataan investasi di daerah, untuk Kabupaten Kampar siap untuk menyukseskan Perekonomian daerah dan Kampar terbuka untuk Investasi sesuai aturan yang berlaku ”ungkapnya.”

Ia juga mengatakan, sesuai dengan Perintah Presiden saat Buka Rakornas tadi, beliau mengatakan investasi di Luar jawa lebih tinggi dari Jawa, yang mana luar jawa mencapai 51%, dan jawa 48% (sumber Kementrian Investasi 2023), yang mana september 2023 pencapaian realisasi investasi telah mencapai Rp1.053,1 triliun atau meningkat sebesar 18,0% dibanding dengan periode yang sama pada tahun 2022. Nilai tersebut sudah mencapai 75,2% dari target tahun 2023 sebesar Rp1.400 triliun.”ungkap Firdaus.” Presiden Jokowi juga tegaskan, terus perbaiki investasi dan tingkatkan Realisasi Investasinya, serta jangan mempersulit investasi, dengan memudahkan ini, kita harus kerjar target lagi.

“Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kampar selalu berkomitmen untuk selalu mempermudah perizinan sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo untuk selalu mencapai target 1.400 Triliun.”ungkap Pj Bupati.” “Dengan Rakornas ini, semoga perekonomian Negara terus stabil dan meningkat khususnya di Kabupaten Kampar.”tutupnya.” Dalam hal tersebut, Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam dambutannya menekankan bahwa situasi global yang sangat sulit bagi semua negara saat ini, termasuk bagi negara maju. Oleh karena itu, pemerintah harus sangat berhati-hati dalam menentukan kebijakan yang berlaku, baik kebijakan fiskal maupun moneter. Oleh sebab itu, Presiden Jokowi mengingatkan pentingnya menjaga kepercayaan para investor, dikarenakan kompetisi yang semakin berat untuk menarik masuknya investasi. Menurut Presiden Jokowi, seluruh negara membutuhkan investasi untuk menambahkan arus modal masuk ke negara agar terjadi pertumbuhan ekonomi.

“Karena kepercayaan sudah kita peroleh, trust-nya sudah kita peroleh. Sekarang bagaimana implementasi dari policy-policy yang telah kita ambil. Jangan sampai ada yang terganggu. Kepercayaan yang sudah kita dapatkan, jangan sampai hilang karena kita salah men-treatment, salah memperlakukan investasi yang masuk ke negara kita. Karena ketatnya persaingan dalam merebut investasi,” tegas Presiden Jokowi. Dalam laporannya, Menteri Investasi Indonesia melaporkan tema Rakornas Investasi 2023 ini diangkat sejalan dengan visi besar Bapak Presiden Joko Widodo terkait transformasi ekonomi melalui hilirisasi. Menurutnya, hilirisasi dilakukan tidak hanya untuk menguntungkan pengusaha-pengusaha atau investor besar saja, tetapi juga kolaborasi dengan pengusaha daerah dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di daerah agar dapat tumbuh bersama.

Menteri Investasi ini juga melaporkan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka melakukan koordinasi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) seluruh Indonesia terkait dengan pencapaian target investasi. Bahlil optimis akan tercapainya target realisasi investasi tahun 2023 terus meningkat dari tahun sebelumnya. Dimana hingga september 2023 pencapaian realisasi investasi telah mencapai mencapai Rp1.053,1 triliun atau meningkat sebesar 18,0% dibanding dengan periode yang sama pada tahun 2022. Nilai tersebut sudah mencapai 75,2% dari target tahun 2023 sebesar Rp1.400 triliun. Dimana hingga september 2023 pencapaian realisasi investasi telah mencapai mencapai Rp1.053,1 triliun atau meningkat sebesar 18,0% dibanding dengan periode yang sama pada tahun 2022. Nilai tersebut sudah mencapai 75,2% dari target tahun 2023 sebesar Rp1.400 triliun. Selain Pj Bupati Kampar, turut mendampingi langsung rakor tersebut Kadis DPMPTSP Kampar Ir. Zulia Dharma, Plt. Kadis Kominfo dan Persandian Kampar Irwan AR. 
(DiskominfoKampar/IsN).