Penjabat Bupati Kampar Buka Secara Resmi Kampar Expo 2024

BANGKINANG KOTA - Penjabat Bupati Kampar Hambali, SE, MBA, MH membuka secara resmi pergelaran Kampar Expo 2024, Kampar Expo merupakan rangkaian memperingati Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-74 tahun 2024. Pembukaan Kampar Expo itu digelar di Lapangan Merdeka Bangkinang Kota. Turut hadir Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Kabupaten Kampar Ahmad Yuzar, S, Sos, MT, Forkopimda Kabupaten Kampar, Ketua DPRD Kabupaten Kampar Faisal, ST, serta anggota DPRD Kabupaten Kampar dan seluruh Pejabat eselon II dan III dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar.

Dalam sambutan pada pembukaan Kampar Expo itu, Pj Bupati Kampar mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap pelaksanaan Kampar Expo 2024 ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan investasi, sekaligus mendorong majunya UMKM serta membangkitkan eskosistim perekonomian di Kabupaten Kampar. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada OPD, dan Lembaga vertikal, perusahaan-perusahaan, BUMN, BUMD, Lembaga Perbankan, Lembaga Pendidikan serta para pelaku usaha baik itu industri kecil dan menengah yang turut menyemarakkan Kampar Expo ini. Ia berharap komitmen dan kebersamaan kita untuk memajukan Kabupaten Kampar lebih baik, lebih maju dan berkembang terus terjalin dengan baik sehingga menjadikan Kabupaten Kampar sejahtera. Sesuai dengan tema Kampar Expo 2024 ini, Membangun Jalin Kolaborasi Untuk Kampar Semakin Melaju, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus mengembangkan ilmunya untuk berwirausaha sehingga mampu menjadi technopreneur. Saat ini technopreneurship menjadi perbincangan yang hangat dan relevan di era society 5.0. Terbukti banyak muncul technopreneur yang jeli melihat peluang kombinasi bisnis dan teknologi untuk menciptakan start up yang inovatif.

Hambali juga menjelaskan untuk itu Pemerintah Kabupaten Kampar melalui berbagai kegiatan percepatan peningkatan ekonomi masyarakat saat ini terus berupaya membangun dan membangkitkan dunia usaha dengan tujuan agar ekositem perekonomi terus berputar sehingga para pelaku usaha di Kabupaten Kampar bisa Mandiri dan sejahtera. Selanjutnya Hambali menyebutkan Pemerintah Kabupaten Kampar melalui OPD terkait dan Lembaga Perbankan yang ada di Kabupaten Kampar terus melakukan pendampingan, bimbingan, pelatihan, fasilitasi pengembangan produk dan akses ke lembaga keuangan serta pemasaran. Melalui Kampar Expo ini kami berharap dapat Menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan berbasis teknologi (technopreneurship) di kalangan para inventor/inovator. Beliau lebih jauh menjelaskan Technopreneur diharapkan mampu memberi nilai tambah pada sumber daya di sekitarnya yang minim atau bahkan tanpa sumber daya sehingga membuat peluang usaha yang besar, karena kita ketahui Membangun jiwa technopreneur bertujuan meningkatkan SDM, membuka lapangan kerja, serta mendorong perkembangan tekhnologi, salah satunya menjadikan media sosial sahabat dalam meningkatkan pendapatan usaha baik pribadi maupun kelompok.

Berkaitan dengan momentum hari jadi Kabupaten Kampar ke-74 ini dengan tema “Dengan Hari Jadi Kabupaten Kampar Ke-74 Tahun 2024 Kampar Makin Melaju Menuju Indonesia Emas 2045” makna tema ini adalah Kabupaten Kampar menunjukkan komitmen yang tinggi. Disisi lain Hambali mengatakan berkaitan dengan Peringatan hari jadi Kabupaten Kampar ke-74 yang merupakan peristiwa bersejarah, bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kampar. Pertemuan ini, sebagai ungkapan rasa syukur yang mendalam kepada Allah SWT, atas apa yang telah di raih. Ia juga berharap Kabupaten Kampar harus lebih baik dari pada tahun - tahun sebelumnya, untuk itu mari kita luruskan niat dan ikhlaskan hati serta berikhtiar untuk memajukan kabupaten kampar yang kita cintai ini, tunjukkan kepada masyarakat sebagai pelayan masyarakat, niat kita untuk memajukan pembangunan dapat terwujud sebagaimana yang diharapkan.

“Kita harus tanamkan tekad didalam hati, pikiran kita sebagai generasi penerus negeri adalah, bagaimana membina, menjaga dan meningkatkan rasa kebersamaan, kekompakan, untuk meraih kemajuan dan kesejahteran masyarakat di bumi serambi mekkah yang kita cintai ini”ujarnya. Usai membuka secara resmi perhelatan Kampar Expo, PJ. Bupati Kampar yang juga didampingi Forkopimda meninjau Stan yang hadir untuk meramaikan Kampar Expo itu, diantaranya Stand DPMPTSP Kabupaten Kampar, stand Pameran Alutsista, pameran kerajinan UMKM serta Stand lainnya yang ada di Kampar Expo tersebut.